Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Hindu Pada Masa Pandemi Covid-19

  • I Komang Mertayasa Institut Agama Hindu Tampung Penyang Palangkaraya

Abstract

Penerapan system pembelajaran pada masa pandemic covid-19 pada hakekatnya di sesuaikan dengan keadaan dan kesiapan fasilitas yang dimiliki oleh satuan pendidikan. Pembelajaran daring hanya efektif untuk matakuliah teori saja, sementara untuk matakuliah praktikum dan matakuliah lapangan Kurang efektif dilakukan secara daring. Hasil perhitungan dari angket yang disebarkan kepada 120 sampel, diperoleh persentase sebesar 72%. Nilai tersebut apabila di kualitatifkan maka diperoleh nilai Cukup Baik. Persentase tersebut digunakan untuk menarik sebuah kesimpulan terkait dengan efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama hindu di SMP Negeri 1 Basarang. Efektivitas pembelajaran daring pendidikan agama hindu selama pandemic covid 19 tergolong Cukup Efektif. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kendala yang dialami peserta didik maupun guru dalam pembelajaran daring. Kendala-kendala tersebut diantaranya yaitu : Koneksi internet pada saat-saat tertentu yang tidak stabil; Terdapat beberapa siswa yang masih memiliki gawai yang kurang memadai; Beberapa siswa mengalami kendala dalam memahami materi yang disampaikan, yang disebabkan karena perbedaan gaya siswa; Pemanfaatan gawai bukan untuk proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/3511
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/
Kharisma, D., & Yuniningsih, T. (n.d.). Efektivitas Organisasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Semarang. Media Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/183710-ID-efektivitas-organisasi-dalam-penyelengga.pdf
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/183710-ID-efektivitas-organisasi-dalam-penyelengga.pdf
Masrul, Abdillah, L. A., Tasnim, Simartama, J., Sulaiman, D. O. K., Prianto, C., Iqbal, M., Purnomo, A., Febrianty, Saputra, D. H., & Purba, D. W. (2020). Pandemik Covid-19 PErsoalan dan Refleksi di Indonesia (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Rafie, B. T. (2020). Banyak yang salah paham, Mendikbud: Tatap muka adalah model pembelajaran terbaik. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/banyak-yang-salah-paham-mendikbud-tatap-muka-adalah-model-pembelajaran-terbaik
Riyana, C. (n.d.). Komponen-Komponen Pembelajaran. In Komponen-Komponen Pembelajaran. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196209061986011-AHMAD_MULYADIPRANA/PDF/Komponen_Pembelajaran.pdf
Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran Pendidikan JaSMPNi Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Seminar Nasional Olahraga, 19–29.
Shidiq, M. Z., Marijuno, & Imsiyah, N. (2018). Pengaruh pembelajaran tatap muka terhadap kemampuan afektif warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C Di PKBM Suaka Anak Negeri Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 14–16.
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal of Science and Social Research, 3(1), 73–77.
Suharto, G. (2020). New Normal Metode Belajar Modern Berbasis Digital (Acer Webinar). https://drive.google.com/drive/folders/1VsjxJ-fvDzC19LstdIUfP4rMygC-OYE_
Tim. (2020). Corona Menular Lewat Udara, Dokter Ingatkan Hindari Keramaian. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200713101815-255-523931/corona-menular-lewat-udara-dokter-ingatkan-hindari-keramaian
UU No. 20, (2003). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Published
2021-11-05
How to Cite
Mertayasa, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Hindu Pada Masa Pandemi Covid-19. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 12(2), 94-113. https://doi.org/10.33363/ba.v12i2.741