Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Hindu Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penerapan system pembelajaran pada masa pandemic covid-19 pada hakekatnya di sesuaikan dengan keadaan dan kesiapan fasilitas yang dimiliki oleh satuan pendidikan. Pembelajaran daring hanya efektif untuk matakuliah teori saja, sementara untuk matakuliah praktikum dan matakuliah lapangan Kurang efektif dilakukan secara daring. Hasil perhitungan dari angket yang disebarkan kepada 120 sampel, diperoleh persentase sebesar 72%. Nilai tersebut apabila di kualitatifkan maka diperoleh nilai Cukup Baik. Persentase tersebut digunakan untuk menarik sebuah kesimpulan terkait dengan efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan agama hindu di SMP Negeri 1 Basarang. Efektivitas pembelajaran daring pendidikan agama hindu selama pandemic covid 19 tergolong Cukup Efektif. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kendala yang dialami peserta didik maupun guru dalam pembelajaran daring. Kendala-kendala tersebut diantaranya yaitu : Koneksi internet pada saat-saat tertentu yang tidak stabil; Terdapat beberapa siswa yang masih memiliki gawai yang kurang memadai; Beberapa siswa mengalami kendala dalam memahami materi yang disampaikan, yang disebabkan karena perbedaan gaya siswa; Pemanfaatan gawai bukan untuk proses pembelajaran