LIMITED FACE-TO-FACE LEARNING STRATEGIES IN HINDU RELIGIOUS EDUCATION AT SMPN 1 BASARANG, KAPUAS REGENCY

Abstract

Pandemi covid-19 yang masih melanda negara Indonesia mengubah gaya belajar yaitu yang bermula dari tatap muka menjadi daring. Untuk mengatasi dampak negatif yang telah muncul selama pembelajaran daring, maka pemerintah mengeluarkan surat edaran tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), begitu juga di SMPN-1 Basarang dimana mereka menerapkan durasi belajar selama empat jam setiap hari di sekolah dengan jumlah siswa 50% dari kapasitas ruangan. Dalam kegiatan pembelajarannya guru agama Hindu menggunakan strategi yang tepat untuk mengatasi kurangnya waktu belajar di sekolah agar tujuan pembelajaran agama Hindu tetap dapat tercapai dengan maksimal dan siswa juga tidak mengalami kebosanan saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada Pendidikan Agama Hindu di SMPN-1 Basarang Kabupaten Kapuas. Metode dalam penelitan ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian yaitu strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru agama Hindu di SMPN-1 Basarang selama PTMT adalah pelaksanaan protokol Kesehatan dan pengunaan metode Blended Learning. Kemudia pengimplementasikan yaitu dengan memastikan penerapan protokol Kesehatan, menyusun perencanaan, memadatkan materi pelajaran, penyampaian poin-poin penting, mempertegas penyelesaian latihan soal, dan melakukan evaluasi. Selanjutnya hambatan yang dihadapi selama penerepan strategi PTMT yaitu hambatan internal yang berupa kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan media sosial dan computer dan guru agama Hindu membutuhkan waktu yang lebih panjang dalam menyiapkan bahan ajar dan tugas. Dan, hambatan eksternal yang bersumber dari dana untuk paket data, jarak duduk siswa yang berjauhan, dan terjadi miscommunition antara guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus dkk. 2018. Pembelajaran Literasi. Bandung: Bumi Aksara.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112 ((Diakses: 26 Februari 2022).
Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grub.

David, Fred. R. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: Prehallindo.

Fitriansyah, Fifit. 2022. Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kalangan Mahasiswa. https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/download/1438/1231 (Diakses: 26 Februari 2022).

Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Bandung: Insan Cendekia Mandiri.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PV. Pustaka Ilmu.

Iftitah, Ismatul Izza Al dan Syamsudin, Amir. 2022. Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2079 (Diakses: 26 Februari 2022).

KBBI. 2022. Versi Online. https://kbbi.web.id (Diakses: 26 Februari 2022).

Kemdikbut. 2022. Artikel: Semua Sekolah Wajib Melaksanakan PTM Terbatas pada 2022. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/semua-sekolah-wajib-melaksanakan-ptm-terbatas-pada-2022 (Diakses: 26 Februari 2022).

Kompas. 2021. Artikel: Sekolah Tatap Muka, ini Ketentuan lengkap PTM Terbatas Januari 2022. https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/27/060500665/sekolah-tatap-muka-ini-ketentuan-lengkap-ptm-terbatas-januari-2022?page=all (Diakses: 26 Februari 2022).

Kusnah, Nurul. 2018. Teknik Pembelajaran Mutahir. Lamongan: CV. Pustaka Ilalang Grub.
Moleong, Lexy. J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muastafa dkk. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Derektorat.

Onde dkk. 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1449 (Diakses: 26 Februari 2022).

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Subarsono, Agustinus. 2013. Analisis kebijakan Public. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudarsana. 2018. Pengnatar Pendidikan Hindu. https://www.researchgate.net/publication/326141227_Pengantar_Pendidikan_Agama_Hindu. (Diakses: 26 Februari 2022).

W. Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Published
2023-04-29
How to Cite
Pinatih, N. P. (2023). LIMITED FACE-TO-FACE LEARNING STRATEGIES IN HINDU RELIGIOUS EDUCATION AT SMPN 1 BASARANG, KAPUAS REGENCY. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 14(1), 1-11. https://doi.org/10.33363/ba.v14i1.943